• RSS
Riyc's Blog

Saturday 5 October 2013

RESENSI BUKU : Abiogenesis

“Eksperimen Sang Penghancur Dunia”

Judul                : Abiogenesis
Pengarang       : Darsan, S.Pd
Penerbit          : CV. CITRAUNGGUL LAKSANA
Kota Terbit      : Jakarta
Tahun Terbit   : Oktober 2005
Cetakan           : Ke-1
Tebal Buku      : viii + 220 halaman

“Ini bencana!”, Nabila berbisik. Jelly itu terus melayang, naik menuju bumbungan gedung berlantai tiga. Ia hendak menebarkan maut keseluruh Jakarta.....

Penggalan novel di atas merupakan buah karya dari Darsan, S.Pd. Ia adalah guru SMPN 1 Panggang Gunungkidul. Buku nya, Abiogenesis di buat dalam rangka sayembara penulisan buku bacaan tingkat nasional yang diselenggarakan  Pusat Perbukuan Depdiknas Tahun 2003. Buku ini memenangkan sayembara penulisan buku bacaan tingkat nasional yang diselenggarakan  Pusat Perbukuan Depdiknas Tahun 2003. Darsan S.pd adalah seorang pengarang yang hebat. Dia dikenal sebagai sastrawan yang cukup terkemuka, karyanya banyak dikenal para penggemar novel.

Bersetting Jakarta tahun 2028, dimana teknologi sudah menjadi sangat maju,... PBB membantu mendirikan Genius Research Center, sebuah laboratorium di Jakarta untuk meneliti banyak hal tentang keilmuan. Dr. Nabila Rashidin, salah seorang peneliti di instuisi tersebut merupakan ahli dalam bidang Abiogenesis, kehidupannya selalu terisi dengan keilmuan biologi dan kimia. kemampuannya bahkan sudah diakui ddunia internasional.

Hingga akhirnya dari sebuah eksperimen, Genius Research Center berhasil melahirkan makhluk baru yang dapat menghancurkan dunia.... makhluk apa itu? siapa yang menciptakannya? Apakah Dr. Nabila bisa menghentikannya?

Dalam buku ini terdapat banyak kritikan. Terutama kritik akan kehidupan metropolis yang begitu terasa disini.

Alur cerita yang menarik dan teratur merupan salah satu kelebihan dalam novel ini. Pembeca tidak mudah bosan dengan cerita yg disajikan karena imajinasi pengarangnya mampu diungkapkan dengan baik dalam cerita. Tidak hanya itu, terdapat banyak informas baru terutama dalam bidang ilmu alam dan teknologi.

Akan tetapi, buku ini memiliki kekurangan. Yang salah satunya adalah penggunaan bahasa yang digunakan banyak menggunakan bahasa asing dan istilah-istilah.
Buku yang sangat menarik untuk di baca. Berbeda dengan cerita-cerita yang ada dengan klimaks yang sangat tidak terduga. Disertai dengan glosarium di akhir buku untuk mempermudah kita memahami buku tersebut. Buku ini juga disertai ilustrasi di beberapa adegan sehingga kita bsia memvisualisasikan perkatan penulis dengan mudah.

Buku ini banyak hal yang dapat pembaca peroleh. Pembaca mendapatkan gambaran tentang kehidupan Jakarta di masa depan. Menyampaikan agar manusia senantiasa menjaga kesetimbangan alam dan hutan. Memberikan gambaran pada pembaca bahwa peradaban akan rusak oleh manusia sendiri. Dan buku ini memberikan inspirasi pada pembaca untuk mengembangkan pengetahuan alam dan teknologi.

Buku ini sangat cocok untuk bernagai kalangan. Baik anak muda sampai orang dewasa yang suka dengan karangan fiksi ilmiah.