• RSS
Riyc's Blog

Friday 1 November 2013

Mengenal Internet

Sejarah Internet

Sejarah perkembangan Internet diawali dengan terbentuknya jaringan komputer pertama di Amerika Serikat yang diprakarsai oleh lembaga yang bernama Advanced Research Project Agency (ARPAnet) yg pada saat itu menghubungkan empat buah komputer yg masing-masing berada di Stanford Research Institute (SRI), Universitas on California of Los Angles (UCLA), Universitas Utah Charley Kline, dan Universitas California Santa Barbara (UCSB). Pada tahun 1983,dengan ditemukannya protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) mulailah dikenal istilah Internet. Awalnya, Internet hanya digunakan untuk kepentingan akademik dan militer di Amerika saja. Namun seiring dengan perkembangan waktu, mulai tahun 1990-an Internet mulai digunakan secara meluas di kalangan masyarakat.

Tahun 1995, mulailah dikenal teknologi World Wide Web atau biasa disebut Web yg berfungsi untuk mengganti FTP, yaitu teknologi untuk melakukan proses pertukaran data. Dengan teknologi ini, Internet dapat menyediakan informasi dalam bentuk multimedia. Saat ini, Internet bahkan dapat digunakan melalui telepon dan alat komunikasi mobile seperti handphone atau PDA (Personal Data Assistant) dgn menggunakan teknologi WAP (Wireless Application Protocol).

Perangkat untuk Mengakses Internet

1. Perangkat Keras (Hardware)

a. Komputer

Hardware komputer yang diperlukan secara umum dalam mengakses Internet hamper sama dengan komputer biasa. Spesifikasi yang digunakan dan koneksinya melalui ISP sangat menentukan cepat lambatnyaproses kinerja komputerdalam mengakses Internet. Spesifikasi komputer tersebut antara lain :
  1. Komputer minimal menggunakan processor 80486 DX
  2. RAM (Random Access Memory), kapasitas yang bisa digunakan ±32 GB.
  3. Harddisk, berfungsi sebagai media penyimpanan data secara magnetik.
  4. VGA (Video Graphics Array) card, Untuk mengubah data yang akan di tampilkan pad monitor.
  5. Monitor, merupakan perangkat keluaran yg berfungsi untuk menampilkan proses kerja dari komputer.

b. Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEMOdulator. Adalah alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya. Modem digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain.

c. Kabel UTP

Kabel UTP digunakan sebagai penghubung antar komputer, antara komputer dengan switch atau router, dan perangkat jaringan lainnya.

d. Konektor RJ45

Konektor RJ45 Digunakan sebagai penghubung kabel UTP.

e. Kabel Koaksial

Kabel Koaksial digunakan sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya.

f. Wireless Adapter

Wireless Adapter digunakan sebagai pengendali peripheral yg terpasang tanpa menggunakan kabel. Adapter ini biasanya berbentuk card atau board yg berisi rangkaian elektronika.